Selasa, 26 Februari 2013

Pengertian, Jenis dan Pertimbangan Pemberian Kredit

Bank dan Lembaga Keuangan 1

Pengertian kredit menurut undang-undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan kesepakatan pinjammeminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak meminjam untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga, imbalan atau pembagian hasil keuntungan. Gampangnya, kredit adalah sama saja dengan hutang. Jika mendengar kata kedit, yang ada di dalam pikiran kita pastilah hutang. Tapi selain hutang, kredit juga mempunyai makna lain yaitu “kepercayaan” karena tanpa adanya kepercayaan tidak mungkin transaksi ini bisa terjadi.
Oleh karena itu Bank harus hati-hati dalam memberikan pinjaman uang kepada nasabah untuk memperkecil resiko. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan Bank sebelum menyalurkan kredit kepada nasabah, yang pertama adalah kepribadian. Dengan memiliki kepribadian yang baik, tentunya orang tidak akan pergi melarikan diri dari hutangnya kepada orang lain. Oleh karena itu, dari pihak bank harus mencari tahu dulu, apakah nasabahnya pernah bermasalah dengan hukum atau melakukan hal-hal yang bersifat kriminal (tercela) atau tidak. Kedua adalah kemampuan debitur dalam mengembalikan pinjamannya kepada Bank adalah dengan melihat rasio-rasio keuangan perusahaan milik debitur, misalnya seperti ROA yang mencerminkan seberapa besar profitabilitas yang diperoleh perusahaan, CAR yang menunjukkan besarnya modal yang dimiliki perusahaan, semakin besar modal yang dimiliki maka dapat dikatakan perusahaan dianggap mampu menanggung resiko dari setiap pemberian kredit dan NPL yang mengukur ketidakpastian atau gagalnya pelunasan kredit yang telah diberikannya kepada pihak lain sehingga dapat menunjukkan kualitas kredit perusahaannya bermasalah (macet, tidak lancar) atau sebaliknya. Dan yang terakhir adalah jaminan, karena jaminan sangat dibutuhkan kreditur untuk berjaga-jaga seandainya debitur sudah bena-benar tidak bisa lagi mengembalikan pinjamannya. Pasti nilai jamina harus lebih besar dari pada nilai pinjaman itu sendiri seperti mobil, rumah dll.
Setelah hal-hal tersebut dilakukan dengan benar dan tepat maka barulah Bank berani untuk meminjamkan uang kepada nasabahnya (debitur) yang dianggap sudah memenuhi syarat di atas. Pinjaman atau kredit yang diberikan lembaga keuangan ada dua jenis dilihat dari tujuan pemakaiaanya, yaitu kredit konsumtif dan kredit produktif. Kredit konsumtif merupakan kredit jangka pendek sampai menengah yang digunakan untuk kepentingan pribadi misalnya membeli perabotan rumah tangga, mobil, rumah secara kredit. Selanjutnya kredit produktif merupakan kredit jangka menengah hingga panjang yang dapat digunakan untuk investasi dan modal kerja. Kredit digunakan untuk investasi maksudnya untuk membuat suatu usaha baru agar memperoleh keuntungan atau penghasilan yang lebih besar lagi seperti membangun pabrik atau membeli mesin-mesin. Sedangkan kredit yang digunakan untuk modal kerja maksudnya berkaitan dengan proses dalam memproduksi barang ataupun jasa seperti membayar gaji pegawai, membeli bahan baku dll.

5 komentar:

  1. ZAP Finance adalah Lender Pinjaman Independen yang kompeten, profesional yang berpengalaman dan bersertifikat yang fokus pada keberhasilan Anda. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik di bidang jasa pinjaman untuk klien kami. Kami memberikan Persetujuan Instan, Tidak ada jaminan, Low tarif, kami menyediakan semua jenis pinjaman sebesar 2%. Jika tertarik, hubungi kami melalui email di: zapfinancecompany@gmail.com

    BalasHapus
  2. PROGRAM PINJAMAN MUDAH
    Selama masa ekonomi yang tidak pasti ini, banyak orang mendapati diri mereka dihadapkan pada situasi di mana mereka dapat menggunakan bantuan keuangan. Apakah itu untuk keadaan darurat, perbaikan rumah, konsolidasi utang atau bahkan liburan keluarga - pinjaman pribadi berbunga rendah adalah cara yang aman dan dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Di Alta Finance LLC, kami berspesialisasi dalam program pendanaan Pinjaman yang andal dan efisien. Hubungi kami hari ini menggunakan email perusahaan kami: altafinancellcfunding@gmail.com atau melalui teks +1 702 805-0119

    BalasHapus
  3. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Data pribadi
    Negara: Indonesia
    Nama: Wahyu Sapto Handoko
    Email: wahyusaptohandoko256@gmail.com
    Alamat: Jl. Sukarela rt.02 / 05 Paninggilan, Ciledug, Tangerang
    Sudah empat tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp1,2 miliar dari ibu Helen dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Ibu Helen Wilson telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Helen bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya meminta tambahan Rp3,7 miliar setelah melalui saya proses hukum. pinjaman itu disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 48 jam di rekening bank BRI saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Mrs. Helen Wilson dan tim manajemen pinjaman WEMA Finance telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA, INDONESIA dan Rumania, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Ibu Helen Wilson hari ini dan selalu
    Email:(helenwilson719@gmail.com)

    WhatsApp: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  5. BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
    Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
    Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

    Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

     Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
     Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

    NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

                                              HUBUNGI SAYA

    Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
    Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
    Instagram::::::::Abdullah_Nofia
    Facebook:::::::::Abdullah Nofia

    Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

    semoga harimu menyenangkan

    BalasHapus