Jumat, 08 Maret 2013

Jasa Perbankan: KLIRING

Bank dan Lembaga Keuangan 1

Bank ingin memberikan jasanya dengan melayani nasabahnya yang ingin menagih piutang atau melunasi hutang melalui antar bank dengan menggunakan (tukar-menukar) warkat kliring agar lebih mudah, cepat dan aman. Nah, proses perhitungan dari tukar-menukar warkat kliring antar bank tersebut dan yang diatur oleh Bank Sentral (Bank Indonesia) merupakan pengertian dari kliring. Jadi kliring juga merupakan salah satu dari berbagai jasa perbankan. Sedangkan warkat kliring merupakan alat pembayaran bukan tunai yang sudah diatur dalam perundang-undangan antara lain seperti cek, nota debet, nota kredit, bilyet giro, surat bukti transfer dan wesel.
Agar dapat memahami kliring dengan baik maka perlu diilustrasikan sebagai berikut; Misalnya Nina ingin mengirimkan uangnya ke Anna dalam jumlah yang sangat besar dengan menggunakan cek. Karena bank yang dimiliki Nina dengan bank yang dimiliki Anna berbeda maka nantinya ini akan terjadi proses kliring. Anggap saja bank yang Nina pakai adalah Bank x sedangkan bank yang Anna pakai adalah Bank y. Untuk mencairkan cek tersebut Anna menyerahkan cek itu ke banknya yaitu Bank y, kemudian Bank y akan menyerahkan cek tersebut ke BI, di situlah proses pengkliringan warkat (cek) terjadi. BI akan melanjutkan kliring tersebut ke Bank x, untuk meminta persetujuan dan validasi bahwa memang cek itu sah dan dananya ada. Jika tidak ada penolakan, maka BI akan memotong saldo rekening koran  Bank x dan  menambahkannya ke saldo rekening koran Bank y. Dengan demikian ayat jurnalnya akan menjadi seperti berikut:
-         Bank Indonesia:    Rekening Koran Bank x (-)                              
                          Rekening Koran Bank y (+)                           
-          Bank X:                 Giro Nina (-)                                
                                      Rekening Koran BI (+)                                      
-          Bank Y:                 Rekening Koran BI (-)                                   
                          Tabungan Anna (+)                               
Seringkali kita mendengar istilah kalah kliring, apa yang dimaksud dengan kalah kliring? Kalah kliring adalah keadaaan suatu Bank dimana jumlah pembayaran kewajiban warkat lebih besar dari pada jumlah penagihan piutang warkat, maksudnya jika pemotongan saldo rekening Bank x oleh BI (kliring masuk) untuk melunasi kewajiban Bank x terhadap bank lain lebih banyak dibandingan dengan penambahan saldo rekening Bank x dari BI (kliring keluar) untuk melunasi piutang Bank x dari bank lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar